Optimasi SEO Blog-Website


Optimasi SEO penting untuk blog.. langkah optimasi SEO blog merupakan cara efektif membangun trafik (lalu-lintas)pengunjung blog, tips maupun trick SEO merupakan proses pembelajaran yang dapat diterapkan untuk optimasi blog /website, walaupun setiap blogger maupun memilik website akan ada perbedaan dalam optimasi blog tetapi pada dasarnya sama menginginkan blog/website menjadi posisi terbaik di mesin telusur (search engine).

Membagun backlink merupakan salah satu optimasi SEO blog yang sangat penting dan berpengaruh besar terhadap posisi blog pada serp atau mesin telusur, akan tetapi ada angkah-langkah yang lebih penting (sangat penting)harus didahulukan sebelum membangun backlink, posting, bahkan sebelum membuat blog / website sekali pun, optimasi seo sejak awal sering terlupakan langkah-langkah optimasi blog yang sangat penting ini dan besar pengaruhnya.

Cara optimasi SEO untuk blogspot atau website yang sudah dtopblog rangkum diantaranya :

* Gunakan domain atau nama blog atau website yang berisi kata kunci atau keyword. Nama domain dengan kata kunci yang di bidik akan memberikan pengaruh dan keuntungan besar untuk peluang menempati halaman pertama di mesin telusur akan lebih besar.

* Judul Blog berisi kata kunci. Kata kunci yang menjadi target hendaklah ada pada judul blog. Tag H1 dan judul mengandung kata kunci utama. Setiap halaman diusahakan link kembali ke halaman utama blog (home atau url blog). Ini memberi pengaruh tambahan keuntungan SEO.

* Tag line, maupun deskripsi blog mengandung kata kunci yang menjadi target.

* Ping setelah Posting
Ping setiap update Post berguna untuk memberitahukan situs-situs telusur bahwa ada yang baru dan blog terupdate ini akan memperbaiki crawl mesin telusur dan posisi blog pada serp.

* Hati-hati duplikasi konten.
Duplikasi konten dalam blog posting, tag label maupun judul posting tidak akan memperbaiki peringkat pada mesin telusur. konten yang diduplikasi atau digandakan oleh blog lain (blog plagiat)ini juga harus menjadi perhatian serius.

* Optimasi kepadatan Keyword.
Kepadatan keyword atau kata kunci baiknya 2% dan dibawah 7% dengan perbandingan 3-6 kali dalam 100 kata yang ditulis, ini sebagai langkah optimasi seo blog.

* Relevan dengan Kata Kunci
Kepadatan kata kunci sebagai metode optimasi untuk memenangkan persaingan pada serp. Seach engine telah menciptakan algoritma untuk menilai tingkat kepadatan keyword dengan konten posting sesuai keyword yang relevan untuk posisi serp.

* Kecepatan Posting
kecepatan posting atau posting secara teratur akan meningkatkan peringkat yang lebih baik di mesin telusur, karena blog akan lebih terlihat fresh dan segar dan semakin kaya konten.

* Volume Halaman
Trick seo blog lainnya yaitu meningkatkan volume dari halaman blog atau website, dengan banyak konten menjadikan sebuah blog menjadi hasil penelusuran dan menemukan apa yang pengunjung cari.

* Panjang Halaman Posting
Posting yang panjang dan mendetail memudahkan halaman terindek mesin telusur dan untuk memenangkan persaingan di posisi terbaik, karena seach engine juga akan menghitung kata-kata yang dibuat pada halaman posting.

* Menyimpan link di Blog besar dan mempunyai otoritas tinggi di mesin telusur dengan cara blogwalking dan berkomentar, atau menjadi penulis tamu dengan tak lupa mengarahkan link menuju blog sendiri.

* Internal Link antar post yang memiliki hubungan atau bertautan.

* Tag pada setiap posting ini sangat tepat sehingga duplikasi tag maupun deskripsi blog tidak mengakibatkan duplikasi konten.

* Membuat url post seo frienly
Optimasi Judul Posting blog seo-friendly akan menjadi posisi yang bagus pada serp.

* Peta Situs (site map)
Peta situs pada blog maupun pada webmastertool memudahkan indek mesin telusur.

Mungkin tips trick optimasi SEO blog atau website yang dtopblog rangkum belum lengkap, silahkan untuk sobat dtopblog melengkapi.